"Sebaik-baiknya petunjuk adalah petunjuk Nabi Muhammad Saw. Begitupun dalam hal pengobatan. Insya Allah Thibbun Nabawi (pengobatan cara Nabi adalah solusi terbaik untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit, baik fisik maupun emosi!"

Kamis, 16 Mei 2013

Bekam

Berbicara tentang terapi bekam, adalah berbicara tentang fungsi darah dan pentingnya sirkulasi darah yang baik. Dengan sirkulasi darah yang baik, darah bisa dengan maksimal mengantarkan sari makanan ke organ-organ tubuh dan juga mengangkut sampah metabolisme untuk di buang oleh organ pembuangan. Serta imunitas tubuhpun melalui sel darah putihnya akan mampu bekerja dengan baik dalam menjaga dan mengobati dirinya sendiri. Dan sebaliknya jika peredaran darah tidak lancar atau tersumbat, maka tugas darah dalam mengantarkan sari-sari makanan ke organ-organ tubuh pun menjadi terhambat, dan sampah metabolismepun akan terhambat pula untuk dibuang. Dari sinilah tubuh menjadi santapan yang empuk bagi berbagi macam penyakit.

Bagaimana pembuluh darah bisa tersumbat?

Pembuluh darah bisa tersumbat sebagian besar disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Seperti kurang minum air putih, terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak dan berkolesterol tinggi, terlalu banyak mengkonsumsi garam, terlalu banyak mengkonsumsi obat kimia dan makanan yang mengandung pengawet, pewarna, pemanis, perasa kimia dll, kurang gerak atau olah raga, stress dan sebagainya.

Penyumbatan pembuluh darah ternyata lebih banyak dan lebih mudah terjadi dipembuluh darah kapiler. Dimana pembuluh darah kapiler adalah pembuluh darah paling luas namun ukurannya paling keci di banding pembuluh darah vena dan arteri. Sehingga wajar jika mudah terjadi penyumbatan dikarenakan ukuran pembuluh darahnya yang sangat kecil, bahkan lebih kecil dibanding ukuran sel darah merah. Jika sel darah merah ini usianya masih muda, maka ia akan dengan elastis bisa memasuki pembuluh darah kapiler dengan lancar. Namun jika usia sel darah merah ini sudah tua, maka ia menjadi kaku dan mudah menyumbat dipembuluh darah, khususnya di pembuluh darah kapiler. Pemahaman saya tentang darah rusak ini lebih bnayak berada dipembuluh darah kapiler, juga sama dengan pemahamannya dr. Agus Rahmadi, seorang dokter yang juga seorang terapis bekam, yang pernah saya baca di salah satu websit. Jadi ternyata apa yang saya pahami juga sama dengan apa yang dipahami oleh seorang dokter. Jadi apa yang saya sampaikan disini kesannya tidak mengada-ada atau menduga-duga, tetapi jelas referensinya. Dan tentu saja teori bekam yang saya pahami harus sesuai dengan teori medis, agar penjelasannya tidak terdengar rancu oleh medis. 

Bagaimana bekam dapat mengeluarkan sumbatan peredaran darah?

Bekam adalah sebuah terapi yang direkomendasikan oleh Nabi Muhammad Saw dengan cara melakukan pelukaan ringan, untuk mengeluarkan timbunan darah rusak (ciri darahnya kental, tidak bau amis, bentuknya abnormal, tidak berasa, hitam dll)  yang menyumbat peredaran darah di kapiler dilapisan kulit.


Kulit kita terdiri dari tiga lapisan. Lapisan epidermis (lapisan kulit bagian atas), dermis (lapisan kulit tengah) dan hipodermis (lapisan kulit aling bawah). Pembuluh darah kapiler adalah pembuluh darah yang ukurannya sangat kecil, terletak di lapisan kulit epidermis dan dermis. Karena ukuran pembuluh drah yang paling kecil inilah peredaran darah mudah tersumbat, khususnya jika pola hidupnya kurang sehat. Seperti urang minum, jarang gerak, dsb. Sementara pembuluh darah vena dan arteri, ukurannya lebih besar dan terletak dilapisan kulit  hipodermis.Karena saking besar ukuran pembuluh darahnya, maka jarang terjasi penyumbatan. Jadi, darah dilapisan antara epidermis dan dermis inilah yang dikeluarkan dengan bekam. Sehingga darah yang keluar pun memang darah yang tidak lancar. Sementara darah bagus tidak akan keluar karena lokasinya di bagian kulit paling dalam yang tidak terjangkau oleh bekam.

Adakah hubungannya antara berbagai macam penyakit dengan penyumbatan pembuluh darah kapiler di lapisan kulit epidermis?

Pada dasarnya tubuh manusia saling berhubungan antara satu bagian dengan bagian yang lainnya. Sebagaimana contoh terapi pijat refleksi. Yang sakit di bagian badan, tetapi yang dipijat adalah bagian telapak kakinya. Bisa repot jika yang sakit adalah matanya, kemudian yang dipijat juga adalah matanya?! Dan nyatanya pemijatan dibagian kaki tersebut bisa mengobati penyakit di bagian badan.

Dokter Ali Muhammad Muthowi, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Al-Azhar, Mesir, seorang ahli radiologi dan tumor, yang saya kutif dari buku Oxidant Drainage Therapy, karya Azib susiyanto, mengatakan tentang bekam: “Bekam merupakan pengobatan yang populer dan banyak digunakan di Mesir hingga akhir-akhir ini. Ia memiliki landasan ilmiah yang cukup dikenal, bahwa organ-organ dalam tubuh berhubungan dengan bagian-bagian tertentu pada kulit manusia dititik masuk saraf yang menyuplai makanan ke organ-organ tersebut di saraf tulang belakang. Dengan adanya hubungan ini, maka rangsangan apa pun yang di arahkan pada kulit mana pun pada bagian tubuh akan mempengaruhi organ-organ internal yang berhubungan dengan bagian kulit ini. Teoti ini sama dengan pengobatan tusuk jarum akupuntur China untuk mengobati penyakit-penyakit.”

MAA SYAA ALLAH, sungguh atas kehendak Allah semua ini terwujud. Terapi bekam yang kesannya sangat sederhana namun khasiatnya baik secara empiris maupun teori sungguh luar biasa! Alhamdulillah..Alhamdulillah..Alhamdulillah.. Mari kita lestarikan terapi bekam warisan Nabi yang sederhana ini namun sangat kaya khasiatnya dengan cara mengamalkannya dengan rutin dan dengan cara menyampaikannya juga kepada orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar