"Sebaik-baiknya petunjuk adalah petunjuk Nabi Muhammad Saw. Begitupun dalam hal pengobatan. Insya Allah Thibbun Nabawi (pengobatan cara Nabi adalah solusi terbaik untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit, baik fisik maupun emosi!"

Kamis, 03 Januari 2013

Mengatasi Bayi Menangis Dengan Memanfaatkan Hukum Asosiasi Fikiran


The Law of Association atau hukum asosiasi pikiran, merupakan salah satu materi yang dipelajari dalam ilmu hypnotherapi. Yang dimana hukum ini menyatakan bahwa apabila kita terbiasa memberikan respon pada satu stimulus yang spesifik, dan pada saat yang bersamaan juga hadir stimulus lainnya, pikiran kita akan menghubungkan kedua stimulus itu. Maka, pada tahap selanjutnya, bila salah satu dari keduanya muncul, kita akan memberikan respon yang sama.

Contohnya begini. Misalkan dulu kita pernah mempunyai teman dekat. Teman dekat kita ini suka menggunakan parfum dengan aroma tertentu. Nah, setelah lama sudah tidak bertemu lagi dengan teman dekat ini, suatu waktu kita mencium parfum yang mirip sekali baunya dengan parfum teman dekat kita ini, maka secara otomatis pikiran kita langsung mengingat teman kita itu. Walaupun kita sudah relatif lama tidak berjumpa dengan teman kita itu.

Pada kesempatan kali ini, saya mengaplikasikan atau memanfaatkan hukum asosiasi pikiran ini untuk mengatasi anak saya yang menangis. Jadi anak saya yang baru lahir beberapa hari, kalau menangis dimalam hari, cukup sulit untuk memberhentikannya. Saya lalu teringat ketika anak saya lagi didalam kandungan, saya dan istri sering memutarkan mp3 murotal Muhammad Thaha. Sehingga dari sini saya meyakini bahwa ketika anak saya menangis dan saya kembali memutarkan mp3 murotal Muhammad Thaha, saya berharap perasaannya kembali tenang sebagaimana tenangnya ia di dalam rahim dulu. Karena pikiran bawah sadarnya mengasosiasikan antara ketenangan didalam rahim dengan suara murotal Muhammad Thaha.

Dan memang ternyata berhasil. Ketika anak saya menangis dimalam hari sulit berhenti, saya langsung memutarkan mp3 Muhammad Thaha itu kembali, secara otomatis menagisnya tidak lama menjadi berhenti ! Alhamdulillah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar