"Sebaik-baiknya petunjuk adalah petunjuk Nabi Muhammad Saw. Begitupun dalam hal pengobatan. Insya Allah Thibbun Nabawi (pengobatan cara Nabi adalah solusi terbaik untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit, baik fisik maupun emosi!"

Selasa, 23 Desember 2014

Bekam dan Zat Penyembuh Alami Bernama Nitrit Oksida

Menurut saya, terapi bekam adalah terapi yang mempunyai daya penyembuh ganda. Maksudnya, khasiat bekam bukan hanya sebatas pada pengeluaran darah rusak, kental, statis dan beracun yang menyumbat pembululuh darah, namun bekam juga berfungsi lebih dari itu. Bekam juga merangsang bagian-bagian tubuh yang berkaitan dengan titik meridian yang di bekam agar berfungsi dengan lebih baik. Selain itu, khasiat bekam juga disebabkan karena zat nitrit oksida yang di produksi ketika berbekam.

Walaupun terapi bekam syartoh relatif agak sakit khususnya setelah proses terapi selesai (karena setelah terapi bekam selesai efek anesthesinya mulai menghilang), namun pada kenyataannya justru membuat para pasien relaks, nyaman, menikmati, dan mengantuk bahkan banyak yang sampai tertidur pulas. Ini terjadi karena pada saat proses goresan alat bekam di kulit, tubuh melepaskan zat penenang alami, yang tanpa efek samping dan tanpa efek ketergantungan seperti halnya narkoba.

Saya masih ingat ketika dulu pernah jatuh dari sepeda motor waktu sepulang dari sekolah SMP. Karena sepulang dari sekolah saya balapan dengan teman saya, Palentino Rossi. Hehehe. Posisi saya waktu itu didepan, dan teman saya kalah di belakang. Maklum, motor saya waktu itu 2 tak, sementara motor teman saya 4 tak. Hehehe (Sudah tahu tidak imbang, mau aja di ajak balap). Dengan posisi saya didepan itu, saya sering menengok kebelakang melihat teman saya. Takut didahului. Hehehe. Karena sering melihat kebelakang, membuat saya tidak fokus melihat kedepan dan akhirnya motor saya oleng karena bannya menginjak pinggir jalan dan kemudian terjatuh hampir masuk jurang! Sedikit bercerita pengalaman dulu. :)

Waktu itu saya jatuh dari sepeda motor dengan luka cukup ringan dan tipis namun agak luas, terkena gesekan jalan aspal. Yang membuat kulit lapisan epidermis saya mengelupas dan berdarah. Yang menarik waktu itu adalah, sesampainya saya dirumah, disatu sisi saya merasa agak perih, namun di satu sisi saya merasa sangat relaks, tenang dan mengantuk. Sampai-sampai saya tidur pulas dan nyaman banget padahal beberapa menit baru terjadi kecelakaan! Bahkan saya merasa tidur pasca kecelakaan waktu  itu adalah termasuk tidur ternyaman selama saya hidup.

Setelah saya sekarang menjadi terapis dan banyak membaca, ternyata perasaan relaks, nyaman, tenang dan mengantuk pasca saya kecelakaan itu terjadi karena tubuh memproduksi zat nitrit oksida yang selanjutnya membuat tubuh melepaskan hormon penenang alami. Dan ternyata zat nitrit oksida itu bukan hanya bermanfaat seperti itu saja, namun yang paling penting adalah berkhasiat bagi kesehatan atau penyembuhan.

Dr. Ahmad Razak Sharaf menulis di dalam bukunya yang berjudul Penyakit dan Terapi Bekamnya, bahwa zat nitrit oksida bisa terbentuk disebabkan oleh cedera atau peradangan yang terjadi pada tubuh.  Menariknya, zat nitrit oksida ini juga diproduksi oleh tubuh ketika berbekam, tepatnya ketika terjadi penyayatan dengan alat bekam. Seorang dokter yang juga mempunyai ketertarikan yang sangat besar terhadap bekam ini juga mengatakan bahwa zat ini juga bertanggung jawab terhadap sebagian besar perbaikan kondisi kesehatan yang terjadi setelah berbekam! Karena  zat ini memiliki banyak fungsi, yang diantaranya:

  1.  Memperluas pembuluh darah
  2. Mengirimkan zat penenang alami seperti endorfin dan enkefalin.
  3. Mengurangi pembengkakan yang menyertai cedera
  4. Meningkatkan suplai nutrisi melalui pembuluh darah kapiler dan arteri ke seluruh jaringan tubuh.
  5. Meningkatkan pengaruh antibiotik terhadap jaringan
  6. Dll

Bekam merupakan salah satu metode terapi paling dahsyat yang di resepkan dan rekomendasikan oleh Rasul Saw kepada kita. Maka sepatutnyalah kita memperhatikan dan mengamalkannya. Sungguh, petunjuk terbaik adalah petunjuk Allah dan Rasulnya. Begitupun dengan petunjuk dibidang kesehatan. Tugas kita adalah meyakini dan mengamalkannya.


Sekian dan semoga banyak manfaatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar