"Sebaik-baiknya petunjuk adalah petunjuk Nabi Muhammad Saw. Begitupun dalam hal pengobatan. Insya Allah Thibbun Nabawi (pengobatan cara Nabi adalah solusi terbaik untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit, baik fisik maupun emosi!"

Senin, 10 Desember 2012

Sakit Karena Sengatan Kala Jengking Sembuh Setelah di Bacaan Surat Al-Fatihah



Photo diambil dari internet
Termuat di dalam Ashahihain dari hadits Abu Sai'd Al-Khudri, dia berkata: Serombongan sahabat Nabi Saw berangkat dalam suatu perjalanan yang mereka tempuh hingga mereka sampai di suatu perkampungan Arab. Lalu mereka meminta agar dijamu, tetapi penduduk tidak mau menjamu mereka. Maka pemimpin dari kampung itupun terkena sengat. Mereka mengusahakan untuknya segala obat, tetapi tidak bermanfaat sedikitpun baginya. Maka kata sebagian dari mereka: " Bagaimana jika kalian mendatangi rombongan yang baru datang itu? Mungkin sebagian dari mereka mempunyai sesuatu yang bermanfaat". Maka datanglah mereka kepada rombongan itu, lalu berkata: " Wahai rombongan, sesungguhnya pimpinan kampung kami terkena sengatan dan kami telah mengusahakan segala sesuatu untuknya tetapi tidak ada yang bermanfaat sedikitpun. Apakah ada salah seorang dari kalian yang mempunyai sesuatu yang bermanfaat?" Sebagian dari rombongan menjawab: "Ya, demi Allah, sesungguhnya aku dapat melakukan ruqyah, tetapi aku telah meminta untuk kalian penjamuan dan kalian tidak mau menjamu kami. Kami tidak akan melakukan ruqyah kecuali kalian memberikan imbalan kepada kami". Maka mereka berdamai dengan rombongan untuk memeberikan sejumlah kambing.

Maka mulailah sahabat-sahabat Nabi meniup sengatan pada pemimpin kampung itu sambil membaca: "segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam"(Al-Fatihah) . Dan tiba-tiba pimpinan kampung itu  pulih kesehatannya bagaikan terlepas dari ikatan. Lalau mulailah dia berjalan seakana tidak pernah mendapat gangguan apapun.

Katanya: Maka mereka memberikan imbalan yang mereka janjikan kepada rombongan itu. Maka kata sebagian dari mereka: "bagilah sendiri di antara kalian ". Tetapi orang yang melkakukan ruqyah berkata: "Janganlah lakukan itu sampai kita datang kepada Rasulullah Saw, lalu kita sebutkan kepada beliau yang demikian. Lalu kita tunggu apa yang beliau perintahkan kepada kita".

Akhirnya datanglah mereka kepada Rasulullah Saw, lalu mereka sebutkan hal itu kepada beliau. Kata beliau: "Bagaimana engkau tahu bahwa itu ruqyah?" Kemudian kata beliau: "Benar apa yang telah kalian lakukan. Bagilah kambing-kambing itu diantara kalian dan beri pula aku satu bagian".    



Sumber: kitab thibbun Nabawi(pengobatan cara Nabi), karya Ibnu Qayyim al-jawziyyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar